Jumat, 22 Februari 2013

Siam : Ayutthaya

Kerajaan Ayutthaya memiliki lokasi pada inlet kecil, dikelilingi oleh tiga sungai. Karena lokasi unggulannya, Ayutthaya cepat menjadi kuat, politik dan ekonomi. Ayutthaya yang berbeda, berbagai nama mulai dari 'Ayothaya', berasal dari Ayodhya, India kota suci, 'Krung Thep', 'Phra Nakorn' dan 'Dvaravati'.
Penguasa pertama Kerajaan Ayutthaya, Raja Ramathibodi aku, dibuat dua kontribusi penting ke Thai sejarah: pembentukan dan promosi Theravada Buddha sebagai agama resmi - untuk membedakan kerajaan-Nya dari tetangga Hindu Kerajaan Angkor - dan penyusunan Dharmashastra, kode hukum yang didasarkan pada sumber-sumber Hindu dan adat tradisional Thailand. The Dharmashastra tetap menjadi alat hukum Thailand sampai akhir abad ke-19. Namun Ayutthaya terganggu oleh pertempuran internal
Ayutthaya tradisi menjadi model untuk periode berikutnya, Dinasti Chakri Bangkok.
Dimulai dengan Portugis pada abad ke-16, Ayutthaya, dikenal orang Eropa sebagai "Kerajaan Siam", memiliki beberapa kontak dengan Barat. Ini menjadi salah satu kota yang paling makmur di Asia Timur. Belanda dan Perancis termasuk di antara yang paling aktif di kerajaan asing serta Cina dan Jepang.

Siam kedutaan untuk Louis XIV pada 1686, oleh Nicolas Larmessin .
 
Ayutthaya memperluas lingkup wilayah lebih dari cukup, mulai dari Islam menyatakan pada Semenanjung Malaya, Andaman pelabuhan, untuk negara-negara di bagian utara Thailand. Pada abad ke-18, Kerajaan Ayutthaya penurunan secara bertahap dalam pertempuran antara pangeran dan pejabat telah melanda arena politik. Terpencil kerajaan menjadi lebih dan lebih mandiri, modal mengabaikan perintah dan keputusan.
Pada tahun 1700-an, fase terakhir kerajaan tiba. The Burma, yang telah mengendalikan dan juga lanna kerajaan mereka bersatu di bawah dinasti yang kuat, meluncurkan beberapa usaha invasi pada tahun 1750 dan 1760s. Akhirnya, pada tahun 1767, Burma menyerang dan menaklukkan ibu kota itu. Keluarga kerajaan meninggalkan kota di mana raja meninggal karena kelaparan sepuluh hari kemudian. Ayutthaya garis kerajaan yang telah padam. Secara keseluruhan ada 33 raja di periode ini, termasuk raja tidak resmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar